Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Berikan Beasiswa Untuk Mahasiswa, Pemkab Banyuwangi teken MOU dengan IAIN Jember

Mei 03, 2021 WIB Last Updated 2022-02-18T04:23:37Z

Banyuwangi, Zonajember.com -- Bersamaan dengan peringatan hari pendidikan nasional yang jatuh pada tanggal 2 Mei 2021, Pemerintah Kabupaten Banyuwangi melakukan pendatanganan kesepakatan bersama (MoU) dengan 2 Perguruan Tinggi Keagamaan  Negeri, adalah Institut Agama Islam negeri (IAIN) Jember dan Universitas Hindu Negeri Denpasar.

Kegiatan kerja sama ini dirangkai dalam acara peluncuran Program Aksara (akselerasi sekolah masyarakat) di Pendopo Shaba Swagata Blambangan Banyuwangi, Sabtu (1/5). 

 

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani menyatakan, kerjasama dengan 2  Perguruan Tinggi Keagamaan ini merupakan langkah awal untuk meningkatkan kualitas anak-anak muda banyuwangi yang lebih berkarakter dalam keagamaan. “Untuk memperingati hari pendidikan nasional, pemkab banyuwangi melakukan kerjasama dengan Perguruan Tinggi keagamaan Negeri, Institut Agama Islam Negeri  Jember dan  Universitas Hindu Negeri Denpasar. Nantinya kegiatan ini akan terus kita lanjutkan ke perguruan tinggi keagamaan lain.” tegasnya.

 

"Anak-anak muda banyuwangi yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi keagamaan akan kami fasilitasi, supaya nanti bisa meregenerasi  tokoh-tokoh agama di banyuwangi. Anak-anak ini menjadi penerusnya” tambahnya.

 

Selain itu, Pemkab Banyuwangi berencana memberikan wadah anak-anak muda lintas agama untuk saling bertukar pikiran. “Kami akan mengadakan workshop dan outbond anak-anak lintas agama di banyuwangi, tujuan kegiatan ini untuk menghindari sifat intoleransi dan radikalisme.” Ungkap Ipuk.

 

Rektor IAIN Jember Prof. Babun Suharto menyampaikan dalam sambutannya,  mengajak semua kalangan untuk tetap dan terus belajar, Allah akan mengangkat derajat manusia karena ilmu. Program kerjasama pemkab banyuwangi dan IAIN Jember menjadi salah satu upaya meningkatkan kualitas keilmuan agama dan minat belajar di perguruan tinggi keagamaan. “Anak-anak banyuwangi yang tidak mempunyai biaya kuliah silahkan datang ke IAIN Jember, insyallah disini banyak beasiswa” ujar Babun.

 

“IAIN Jember dalam waktu dekat akan menjadi UIN Kiai Haji Achmad Siddiq (Khas), selain studi keagamaan akan ditambah studi umum. Sehingga UIN Khas Jember menjadi pilihan yang tepat untuk melanjutkan studi keagamaan maupun umum.” Pungkasnya.

 

Kerja sama Pemerintah Kabupaten Banyuwangi dengan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember berupa Beasiswa program pendidikan sarjana dan program pembangunan daerah berbasis keagamaan. (*)