Iklan

Menu Bawah

Bupati Hendy: Kalau Desanya Pintar, Kotanya pun Pintar

Rabu, Juni 23, 2021 WIB

 

Jember Kota -- Gagasan mengangkat Jember terus menjadi semangat Bupati Hendy untuk maju. Bupati Hendy menyampaikan gagasan tersebut saat menjadi salah satu pemateri pada Program literasi digital Kementerian Kominfo RI melalui zoom meeting Selasa (22/06/2021).

 

Kegiatan zoom meeting dengan  tema “Indonesia Makin Cakap Digital” Bupati Jember Hendy menyampaikan langkahnya mewujudkan Kabupaten Jember menjadi kota pintar atau smart city dengan slogan Wes Wayahe Jember Jember Bangkit dan Cakap Digital. 

 

Bupati Hendy mengawali langkahnya dengan membentuk desa pintar atau smart village. Pemanfaatan digital atau e-Governance dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat Jember.

 

“Kalau desanya pintar, maka kotanya pun juga pintar. Nah di sini kami mengawali dengan penyelenggaraan pemerintah dengan pemanfaatan digital atau e-Governance dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat Jember,” terang Bupati Hendy.

 

 Baca Juga:

 

Adapun program yang dibangun dalam e-Gov. Pemkab Jember di antaranya pertama, Jember Satu Data dimana semua data di dalam pemerintahan Kab. Jember Terintegrasi jadi satu, baik secara sistem maupun aplikasinya.

 

Kedua, Smart Governance akan membangun sistem pemerintahan yang terintegrasi baik secara sistem maupun kinerja sehingga dapat mempermudah pelayanan dan pengawasan kinerja pmerintahan. 

 

“Ada 6 aspek smart city di antaranya smart living, smart economy, smart branding, smart environment, smart society dan smart governance,” urainya.

 

Untuk mewujudkan ini semua, Bupati Hendy mengundang seluruh pegiat IT, akademisi, masyarakat umum serta sektor swasta untuk berkolaborasi. Acara literasi digital tersebut terselenggara sukses. Tercatat 2.145 peserta mengikuti acara ini, dengan rincian 1000 peserta melalui zoom meeting, selebihnya mengikuti di YouTube streaming.

 

 Program literasi digital ini merupakan langkah Presiden RI Joko Widodo untuk meningkatkan talenta digital untuk kemajuan Indonesia ke depan. 

 

Dalam sesi literasi digital bertajuk “Dampak Positif Bermedia Sosial” tersebut, ada 4 narasumber menyampaikan materi mengenai Cakap Bermedia Digital, Etika Bermedia Digital, Aman Bermedia Digital dan Budaya Bermedia Digital, sementara Bupati Jember Hendy Siswanto bertindak sebagai Key Opinion Leader. (hms/pwj/ton)

 

Baca Juga:
    

 

Komentar

Tampilkan

  • Bupati Hendy: Kalau Desanya Pintar, Kotanya pun Pintar
  • 0

Terkini

Topik Populer

Advertisement