Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Edamame yang Akan Jadi Ikon Kota Jember, Ini Manfaatnya Bagi Kesehatan

Mei 09, 2021 WIB Last Updated 2022-02-18T04:23:31Z


Bagi masyarakat Jember ketika mendengar edamame sudah tak asing lagi, selain sudah banyak petani yang tanam dan juga kadang dijual di Pasar Tanjung Jember atau di pasar lainnya yang ada di Kabupaten Jember. Edamame mentah bisa direbus dan dinikmati ketika masih hangat.


Selain itu juga banyak ditemukan di toko oleh-oleh di Jember. Mulai edamame frozen sampe edamame crispy.


Bagi yang sering mengunjungi restoran Jepang, pastinya juga tak asing lagi dengan edamame. Camilan kacang khas Jepang ini memiliki tekstur yang lembut dan memberikan manfaat bagi tubuh. 

 

Edamame merupakan jenis kacang kedelai yang masih ada di dalam polongnya. Rasanya yang nikmat membuat kacang ini jadi favorit para masyarakat untuk camilan sehat. Edamame kaya akan nutrisi, mengandung lemak sehat, protein, karbohidrat, vitamin A, B, C, dan K, folat, dan juga mineral. Termasuk juga mengandung zat besi, magnesium, kalsium, mangan, kalium, dan zinc.

 

Oleh karena itu, tidak heran edamame memberikan manfaat ekstra pada tubuh. Untuk ketahui lebih rinci, yuk kita simak manfaat edamame untuk kesehatan tubuh!

 

Membantu Menurunkan Kolesterol

Sebuah penelitian mengatakan bahwa saat mengkonsumsi kedelai sekitar 50 gram per harinya, bisa mengurangi kadar kolesterol jahat pada tubuh. Karena edamame merupakan jenis kedelai, dengan mengkonsumsi edamame secara rutin akan mengurangi risiko timbulnya kolesterol jahat yang berlebihan dan akan menyebabkan serangan jantung.

 

Aman untuk Penderita Diabetes

Seperti kacang pada umumnya, edamame merupakan camilan yang tidak akan meningkatkan kadar gula berlebihan pada tubuh. Dengan adanya kandungan karbohidrat rendah yang teridiri dari lemak dan protein, edamame sangat cocok dikonsumsi untuk penderita diabetes.

 

Menyediakan Asam Amino Esensial

Edamame termasuk jenis kacang-kacangan yang memiliki protein nabati terbaik. Dengan mengkonsumsi 155 gram edamame yang sudah dimasak, merupakan sumber protein yang baik bagi tubuh.

Dengan adanya protein utuh tersebut, edamame menyediakan semua asam amino esensial yang tubuh butuhkan. Dengan mengkonsumsi protein yang cukup, sangat membantu untuk menyehatkan tubuh secara optimal.

 

Membantu Menurunkan Berat Badan

Dengan mengkonsumsi makanan rendah lemak dan tinggi protein, akan menurunkan rasa lapar berlebihan. Juga, dapat menurunkan berat badan dalam jumlah yang signifikan, lho! Untuk kamu yang sedang menjalani program diet, ada baiknya tetap mengkonsumsi makanan-makanan sehat seperti edamame ini. Dengan mengkonsumsi protein, pastinya akan membuatmu lebih mudah kenyang.

 

Menyehatkan Pencernaan

Manfaat edamame juga dapat dirasakan untuk kelancaran proses pencernaan. Dapat menjaga kesehatan saluran cerna karena adanya kandungan serat dan protein yang tinggi pada edamame. Fungsinya, sebagai prebiotik yang membantu pertumbuhan bakteri baik pada saluran pencernaan.

 

Menurunkan Risiko Kanker Payudara

Setiap wanita biasanya memiliki kekhawatiran sendiri atas kanker payudara. Menurut studi pada wanita di Asia, kedelai dapat mengurangi adanya risikon kanker payudara. Dengan adanya genistein, isoflavon utama dalam kedelai, memiliki kandungan antioksidan yang dapat menghambat terjadinya pertumbuhan sel kanker.

 

Mengurangi Risiko Kanker Prostat

Tidak hanya untuk wanita, edamame juga bermanfaat untuk para pria! Dengan mengkonsumsi edamame, dapat melindungi pria dari kanker prostat hingga 30%.

 

Menyehatkan Tulang

Kacang-kacangan memang memiliki kandungan yang tinggi akan kalium dan magnesium. Kedua kandungan tersebut sangat mendukung kesehatan tulang. Dengan mengkonsumsi edamame secara teratur, akan memberikan tubuh kandungan isoflavon yang dapat mengurangi risiko osteoporosis. Bahkan, juga bermanfaat menjaga kekuatan tulang bagi wanita pasca menopause.

 

Mengurangi Gejala saat Menopause

Mengurangi gejala menopause dapat dilakukan dengan mengkonsumsi edamame yang kaya akan isoflavon. Beberapa jenis bakteri dapat mengubah isoflavon menjadi equol yang dapat meringkankan gejala-gejala saat menopause.

 

Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Manfaat edamame lainnya adalah untuk menghindarkan diri dari penyakit kardiovaskular. Karena edamame dapat menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh, membantu mencegah adanya penyakit kardiovaskular tumbuh. Dengan mengkonsumsinya secara teratur, akan menghindarkan kita dari risiko sakit jantung.

Selain itu juga dapat menurunkan terjadinya risiko stroke pada tubuh karena kaya akan asam alfa-linolenat (AHA).

 

Menyehatkan Otak

Dengan mengkonsumsi isoflavon dari kedelai juga dapat menurunkan adanya risiko penurunan yang kognitif pada otak. Kandungan ini dapat membantu untuk meningkatkan aspek kognisi dan berpikir pada otak. Juga, memori non verbal serta kefasihan verbal.

 

Meningkatkan Kesuburan

Dengan mengkonsumsi protein dan zat besi dari edamame, bayam, labu, tomat, bit, dan kacang-kacangan dapat meningkatkan kesuburan serta menurunkan terjadinya risiko gangguan ovulasi.

 

Menghindarkan Stress Berat

Manfaat edamame ini dikarenakan adanya kandungan folat yang bermanfaat untuk tubuh mengasilkan DNA serta pembelahan sel yang tepat. Dengan asupan folat yang cukup, dapat membantu mencegah timbulnya depresi.

Dengan mengkonsumsi folat juga dapat menghentikan terjadinya produksi homocysteine berlebih pada tubuh yang dapat menghambat kinerja otak dan hormon. Dengan folat juga dapat mencegah gangguan produksi hormon serotonin yang membantu tidur lebih berkuaitas, menenangkan suasana hati, dan nafsu makan. (*)