Iklan

Menu Bawah

Antisipasi Hama Wereng, Pemdes Wringintelu Gelar Aksi Tanam 1000 Refugia

Jumat, Februari 26, 2021 WIB

 



JEMBER, -  Mengantisipasi serangan hama wereng, Pemerintahan Desa Wringintelu Kecamatan Puger Kabupaten Jember,  gelar aksi penanaman 1000 tanaman Refugia di pematang sawah jalan Gajah Mada yang letaknya membelah areal persawahan Selogiri sepanjang 1 km, pada Jumat (26/02/2021)pagi. Aksi tersebut juga diikuti oleh Tiga Pilar Desa Wringintelu, Kelompok Tani, dan Forum Anak Wringintelu.


Tanaman Refugia adalah tanaman yang sengaja ditanam di sekitar areal tanaman produksi atau di pematang sawah, fungsinya sebagai tempat tinggal musuh alami seperti hama Wereng. Tanaman Refugia memiliki banyak manfaat, diantaranya sebagai sumber pakan dan tempat berlindung atau sebagai tempat tinggal sementara sebelum adanya populasi hama di persawahan. Jenis-jenis tanaman yang berpotensi sebagai Refugia antara lain: tanaman berbunga, gulma berdaun lebar, tumbuhan liar yang ditanam atau tumbuh sendiri di areal persawahan.


Kepala Desa Wringintelu, M Sholihin mengatakan sengaja menggelar aksi penanaman 1000 tanaman Refugia sebagai bentuk antisipasi terhadap serangan hama wereng yang beberapa waktu sebelumnya menyerang areal persawahan Desa Wringintelu. 


"Hari ini 1000 tanaman Refugia berupa tanaman berbunga kami tanam di areal persawahan yang luasnya sekitar 100 hektar. Sengaja kami melibatkan Forum Anak Wringintelu sebagai bentuk edukasi terhadap pertanian sekaligus  bertamasya, semoga langkah yang kami lakukan ini dapat mengurangi serangan hama wereng dan petani dapat menikmati hasil panen yang melimpah", pungkas Sholihin. (her/sat)

Komentar

Tampilkan

  • Antisipasi Hama Wereng, Pemdes Wringintelu Gelar Aksi Tanam 1000 Refugia
  • 0

Terkini

Topik Populer

Advertisement