Iklan

Menu Bawah

PMI Jember Langsung Produksi Plasma Konvalesen Untuk Pasien Terkonfirmasi Covid-19

Jumat, Januari 08, 2021 WIB

 


Jember,kabarejember.com 

 – Begitu di-launching, Unit Donor Plasma hasil kerjasama PMI Kabupaten Jember dengan RSD dr Soebandi Jember langsung beraksi. Unit donor plasma yang berada di RSD dr Soebandi Jember langsung produksi plasma konvalesen. Setidaknya, sehari ada tiga pendonor plasma yang merupakan penyitas Covid-19 yang mendonorkan plasma darahnya. Dari tiga kantong plasma darah itu, dua diantaranya langsung diserahkan kepada pasien Covid-19 yang tergolong berat. 


Ketua PMI Kabupaten Jember H EA Zaenal Marzuki SH MH mengatakan, PMI Jember sudah mendapatkan kepercayaan dari PMI pusat untuk memproduksi plasma darah. 

 “Surat izin dari PMI pusat sudah turun tertanggal 5 Januari 2021 lalu. Sebenarnya, yang diperbolehkan produksi plasma darah itu UDD PMI yang sudah CPOB, tetapi PMI Jember diberi izin karena dinilai mampu menjaga kualitas plasma darahnya,” kata H EA Zaenal Marzuki. 


Dia menjelaskan, setelah di- launching di rumah makan Lestari Jember Kamis (7/1) lalu, ada tiga penyitas Covid-19 yang dengan sukarela mendonorkan plasmanya. “Ada tiga yang  datang dan langsung donor plasmanya di unit donor plasma di RSD dr Soebandi Jember,” ungkapnya. 


Namun, hasil produksi plasma darahnya tidak bisa langsung diserahankan kepada pasien Covid-19. Plasma darahnya dibawa ke UDD PMI Jl Srikoyo Jember untuk dilanjutkan uji sharing. “Setelah screening dan dinyatakan aman maka UDD PMI kemudian menyerahkan plasma darahnya kepada keluarga pasien,” ujarnya.

 

Kini, sambungnya, banyak penyitas yang berdatangan untuk ikut donor plasma darahnya untuk membantu pasien Covid-19 yang masuk kategori kondisinya berat. “Para pendonor mulai berdatangan, ada juga yang menghubungi via seluler dan menyatakan siap untuk ikut donor plasma,” terangnya. 


Seperti diketahui, terapi plasma konvalesen kini banyak dilakukan rumah sakit rujukan pasien terkonfirmasi Covid-19, Terapi plasma konvalesen dinilai sebagai salah satu cara ampuh untuk menyembuhkan Covid-19. Plasma konvalesen berasal dari plasma sel darah mantan penderita Covid-19 yang sudah sembuh (penyintas). 


Menurut Zaenal Marzuki, kini banyak permintaan plasma konvalesen dari keluarga pasien terkonfirmasi Covid-19, baik lewat rumah sakit maupun secara pribadi. Bahkan, tak jarang keluarga pasien yang minta kepada penyintas untuk donor plasma melalui media social seperti facebook atau whatsapp. 


Saat ini, kebutuhan plasma konvalesen kata Zaenal sangat besar, karena disadari manfaat plasma konvalesen cukup baik. “Kita berkoordinasi dengan pihak RSD dr Soebandi untuk bisa memenuhi plasma konvalesen di daerah jejaring PMI Jember. Kerjasama ini berkaitan dengan SDM dan peralatan produksi plasma konvalesen,” jelasnya. (Her/afa/muk/hms) 


Komentar

Tampilkan

  • PMI Jember Langsung Produksi Plasma Konvalesen Untuk Pasien Terkonfirmasi Covid-19
  • 0

Terkini

Topik Populer

Advertisement