Iklan

--advertisement 01--
HeadlinePemerintahanPupuk Organik JemberSi Jempol

Pabrik Pupuk Organik Milik Pemkab Jember Diresmikan, Mampu Produksi 60 Ton Per Hari

Kamis, Desember 28, 2023 WIB
--advertisement 05--
DomaiNesia

 


Wirowongso, jembernews.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember kini sudah mempunyai pabrik pupuk organik ‘Si Jempol’ untuk memenuhi kebutuhan petani lokal Jember.


Bupati Hendy didampingi Wakil Bupati Jember KH. Muh. Balya Firjaun Barlaman meresmikan pabrik pupuk organik milik daerah, yang berlokasi di Desa Wirowongso, Kecamatan Ajung, Jember, Rabu 27 Desember 2023.


“Bismillahirrohmanirrohim, dengan ini saya resmikan Pabrik Pupuk Organik, yang kami beri nama ‘Si Jempol’, pabrik ini mulai beroperasi hari ini untuk memenuhi kebutuhan petani lokal kita terhadap pupuk,” ujar Bupati Hendy Siswanto saat meresmikan pabrik tersebut.


Dengan berdirinya pabrik pupuk organik milik Pemkab Jember ini, Bupati Hendy optimis petani lokal Jember tak kebingungan pupuk lagi.


Bupati Hendy menyebut, sektor pertanian merupakan sektor andalan bagi Pemkab Jember untuk dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sebanyak 70 persen lahan di Jember adalah lahan pertanian dan Jember menempati urutan keempat terbesar dalam swasembada pangan dari hasil pertanian di Jawa Timur.


“Oleh karena itu, petani harus makmur, mereka harus dimudahkan, kalau dulu petani kebingungan pupuk karena adanya pembatasan, kini dengan adanya pabrik pupuk organik milik Jember, petani Jember tidak akan kebingungan pupuk lagi,” tegasnya.


Pabrik pupuk organik Si Jempol ini mampu memproduksi 50-60 ton perhari. Selanjutnya, Bupati Hendy meminta seluruh petani di Jember untuk menggunakan pupuk organik ini.


“Kami sudah petakan, ada 86.000 hektar lahan pertanian, itu dijadikan 6 klaster, dimana setiap klaster berbeda treatment pupuk organik,” pungkas Bupati Hendy.

CLOSE ADS
CLOSE ADS
close