Iklan

Menu Bawah

Jember Fashion Carnaval dari Tahun ke Tahun

Sabtu, Agustus 05, 2023 WIB

 


Bigbang akan menjadi devile pembuka gelaran Jember Fashion Carnaval 21 di tahun 2023.


Event Jember Fashion Carnaval atau lebih dikenal dengan JFC merupakan event fashion yang melambangkan kreativitas anak muda di Kabupaten Jember. 


Ide ini digagas pertama kali oleh Dynand Fariz, seorang desainer fashion kelahiran Jember dan dilaksanakan pertama kali pada tanggal 1 Januari 2003.  


Kegiatan yang awalnya hanya fashion keliling antar kampung itu menjadi luar biasa.


Di tahun 2023 ini, JFC telah berusia 20 tahun. JFC pun terus berkembang menjadi event bertaraf internasional dan dikenal sebagai parade dengan catwalk terpanjang di dunia, yaitu mencapai 3,6 km. 


Kreatifitas peserta yang tampil bukanlah seorang desainer, model, maupun penari profesional. Mereka justru datang dari berbagai kalangan seperti pelajar dan mahasiswa, pegawai swasta, duta, bahkan ibu rumah tangga.


Peserta yang tampil mendesain sendiri baju rancangannya atas arahan dari tim kreatif JFC dengan memanfaatkan bahan bekas pakai atau daur ulang.


JFC merupakan karnaval dengan kreatifitas tanpa batas yang pertama di Indonesia dan belum pernah ada di kota lain, serta tampil di sebuah kota kecil yang relatif jauh dari ibu kota negara maupun ibu kota provinsi. Catwalk terpanjang di Indonesia (3,6 km) dan tercatat di Museum Rekor Indonesia  (MURI).


Jumlah fotografer dan jurnalis yang ingin meliput acara ini pun mencapai ribuan orang. Dalam JFC, fesyen berpadu dengan kekuatan fisik dan stamina. Betapa tidak, pakaian yang  dikenakan para peragawan peragawati bukan sekadar pakaian. 


Pakaian adalah medium pesan. Itulah sebabnya kenapa defile-defile dalam JFC memiliki nama. Namun karena mengandung pesan itulah, pakaian yang dikenakan tak jarang ‘menguras energi’.


 Menguras energi di sini benar-benar dalam arti sebenarnya, karena bobotnya cukup berat dan dipenuhi beraneka ragam aksesori. 


Defile Prehistoric


Defile Empire



Defile Religic



Defile Invention



Defile World War


Defile Super Star





Defile Upcycle



Defile Metaverse


Devile Nusantara






Komentar

Tampilkan

  • Jember Fashion Carnaval dari Tahun ke Tahun
  • 0

Terkini

Topik Populer

Advertisement