Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Upayakan Penataan Birokrasi yang Baik

Agustus 04, 2021 WIB Last Updated 2022-02-18T04:23:15Z

 

Jember -- Berbagai upaya dilakukan oleh Bupati Jember Bupati Jember Ir. H. Hendy Siswanto untuk memajukan Jember, salah satunya adalah upaya penataan birokarasi yang baik. Hal itu dikatakatan Hendy di Pendopo Wahyawibawagraha, Rabu (04/08/2021).


Bupati Jember Ir. H. Hendy Siswanto membahas rencana pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Kabupaten Jember tahun 2022-2024 . Pemaparan Bupati Hendy disampaikan langsung di hadapan jajaran BPSDM Kemendagri secara virtual.

 

Berbagai program unggulan dan kendala yang dihadapi oleh Kabupaten Jember dijabarkan secara ringkas, termasuk upaya penataan birokrasi yang baik.

 

“Misi kami membangun tata kelola pemerintahan yang kondusif antara ekskutif, legislatif, serta masyarakat dan komponen pembangunan daerah yang lainnya menjadi kunci kekuatan SDM yang ada di Pemerintah Kabupaten Jember,” jelas Bupati Hendy dalam pemaparannya.

 

Beberapa kendala di sampaikan Bupati Hendy di antaranya kurangnya SDM dari segi kuantitas dan kompetensi, belum mandiri untuk menyelenggarakan diklat, serta banyaknya pejabat pelaksana dan fungsional yang belum memiliki kompetensi pendidikan sesuai dengan syarat jabatan, banyak jabatan kosong akibat keterlambatan kenaikan pangkat, serta belum terpenuhinya pelatihan ASN sedikitnya sebanyak 20 jam dalam setahun.

 

Selain itu adanya penyederhanaan birokrasi mengharuskan untuk belajar lebih lagi untuk para ASN.

 

“Juga keterbatasan ASN dalam penyerapan teknologi informatika, serta tuntutan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan prima berbanding terbalik dengan kemampuan ASN untuk melayani dengan cepat,” lanjutnya.

 

Untuk itu, Bupati Hendy mengharapkan adanya pendampingan dari BPSDM Kemendagri untuk menangani masalah-masalah tersebut. (*)