Iklan

Menu Bawah

Lagi, Dua Nakes Jember Meninggal Akibat Covid-19

Kamis, Juli 22, 2021 WIB

 


Jember -- Garda terdepan Covid-19 yang gugur di Jember bertambah dua orang. Tenaga kesehatan (Nakes) yang meninggal tersebut adalah bidan di Puskesmas Silo 2 yang meninggal pada 13 Juli 2021 dan Analis Laborat Rumah Sakit Paru di Kabupaten Jember yang dimakamkan secara protokol COVID-19 pada 17 Juli 2021.

 

Dari data Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jember mencatat jumlah dokter yang terkonfirmasi positif selama pandemi sejak Maret 2020 hingga awal Juli 2021 sebanyak 50 orang dan dua dokter di antaranya meninggal dunia berjuang melawan COVID-19.

 

Plt. Direktur RS Paru Jember dr. Sigit Kusuma Jati mengatakan bahwa ada tenaga kesehatan yang gugur dan sebagian terkonfirmasi positif covid-19.


“Memang benar ada satu tenaga kesehatan kami yang gugur setelah hasil tes usapnya terkonfirmasi positif dan menjalani perawatan di ruang isolasi khusus (RIK) RS Paru sejak 8 Juli 2021,” ujar Plt. Direktur RS Paru Jember dr. Sigit Kusuma Jati, yang dilansir dari Antara, Rabu (21/7).

 

Menurutnya, total tenaga kesehatan yang terkonfirmasi positif sejak Januari hingga pertengahan Juli 2021 sebanyak 37 orang dengan rincian satu orang gugur, empat masih menjalani perawatan di ruang isolasi khusus RS Paru Jember dalam kondisi baik, dan sisanya sudah sembuh setelah menjalani isolasi mandiri.

 

“Jumlah tenaga kesehatan yang terkonfirmasi terus bertambah dari 27 orang pada Januari-Juni 2021, kemudian menjadi 37 orang hingga pertengahan Juli 2021,” tuturnya.

 

Sementara itu, di Puskesmas Silo 2 tercatat sebanyak 26 dari 78 orang tenaga kesehatan yang terkonfirmasi positif COVID-19 dan seorang bidan dalam kondisi hamil yang menjadi tenaga kesehatan di puskesmas setempat meninggal dunia.

 

Kepala Puskesmas Silo 2 Jenber dr. Adi Widjaja mengatakan jumlah tenaga kesehatan di puskesmas setempat yang terkonfirmasi positif menjadi 26 orang dari total 78 orang yang bekerja di Puskesmas Silo 2, termasuk dirinya.

 

“Setelah kami lakukan tracing sejak Senin (19/7) tercatat 11 orang yang terkonfirmasi positif dan hari ini bertambah menjadi 26 orang, sehingga mempengaruhi pelayanan di puskesmas,” tandasnya.

 

Ia mengatakan semua tenaga kesehatan di Unit Gawat Darurat (UGD) Puskesmas Silo 2 terkonfirmasi positif pada Rabu, sehingga sementara waktu akan dilakukan penutupan pada Rabu sore.

 

“Kami akan meminta petunjuk dari Dinas Kesehatan Kabupaten Jember terlebih dahulu terkait dengan banyaknya tenaga kesehatan yang terkonfirmasi positif,” lanjutnya.

 

Menurutnya, sebanyak 26 orang yang terpapar virus corona tersebut kondisinya masih melakukan isolasi mandiri dan sudah disuplai obat-obatan dari Dinas Kesehatan untuk para tenaga kesehatan yang terpapar.

 

Berdasarkan data Satgas Penanganan COVID-19 Jember, jumlah penambahan kasus positif pada Rabu ini sebanyak 90 kasus, pasien sembuh bertambah 48 orang, dan pasien yang meninggal sebanyak 29 orang.

 

Total kasus positif hingga 21 Juli 2021 sebanyak 9.758 kasus dengan kasus aktif mencapai 1.316 orang dengan rincian 868 dirawat di rumah sakit dan 448 menjalani isolasi mandiri, sedangkan total pasien sembuh menjadi 7.696 orang, dan meninggal dunia menjadi 746 orang. (*)

Komentar

Tampilkan

  • Lagi, Dua Nakes Jember Meninggal Akibat Covid-19
  • 0

Terkini

Topik Populer

Advertisement