Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Wamendag Kecewa Gudang Penyimpanan Gabah di Jember Tak Digunakan Sejak 2017

Juni 05, 2021 WIB Last Updated 2022-02-18T04:23:24Z


Jember -- Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) RI, Jerry Sambuaga menyayangkan vakumnya Sistem Resi Gudang (SRG) sejak 2017. Hal ini disampaikan ketika melakukan kunjungannya ke Jember pada Sabtu (05/06/2021). 


Jerry Sambuaga meminta pada pemimpin daerah setempat agar menghidupkan kembali Gudang SRG terebut.


Pemkab Jember di wakili oleh Wakil Bupati Jember, KH. MB. Firjaun Barlaman menyambut kedatangan Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) RI, Jerry Sambuaga dalam kunjungannya di Kabupaten Jember, . 

 

Wamendag RI melihat langsung kondisi Gudang SRG, mesin dan penjemuran gabah. Dia menyayangkan vakumnya Gudang SRG sejak 2017 sampai saat ini. Oleh karena itu, dia meminta pada pemimpin daerah setempat agar menghidupkan kembali Gudang SRG terebut.

 

“Kami ingin SRG ini ke depan kembali difungsikan dengan maksimal. Tugas Pemerintah Daerah untuk menyosialisasikan kepada publik agar mereka tahu fungsi SRG itu menguntungkan para petani sebenarnya,” kata Wamendag Jerry Sambuaga.

 

Jerry menjelaskan fungsi SRG di antaranya sebagai penyimpanan dulu gabahnya di gudang ini untuk menunggu harga gabah naik (tunda jual), kedua sebagai agunan pinjaman modal kepada perbankan.

 

Selanjutnya, Jerry meminta Pemkab Jember untuk membuat pengelolaan yang baik gudang SRG ini mulai hulu hingga hilirnya. Dia mengaku Kemendag RI telah bekerjasama dengan APRINDO (Assosiasi Pengusaha Retail Indonesia) untuk kemudahan penjualan hasil pertanian, peluang ini dapat dimanfaatkan oleh Pemkab Jember.

 

Sementara Wakil Bupati Jember KH. MB. Firjaun Barlaman menyampaikan, pihaknya bertekad membangkitkan Kabupaten Jember di segala sektor, oleh karena itu Wabup Jember Gus Firjaun mengharap kolaborasi dan sinergi dengan siapapun untuk tercapainya kemajuan Jember.

 

“Kami bertekad membangkitkan Jember di segala sektor, termasuk juga sektor pertanian. Kami mengharap kolaborasi dan sinergi dengan Kemendag RI,” kata Wabup Gus Firjaun.

 

Beberapa gebrakan telah dilakukan pada 100 hari pertama kerjanya, lanjut Gus Firjaun, seperti di antaranya prioritas pengembangan tembakau dengan target pemasaran ke Bremen Jerman dan peningkatan produksi kedelai edamame.

 

Gus Firjaun menyampaikan, untuk membangkitkan kembali potensi tembakau sebagai potensi utama Kabupaten Jember, Pemkab Jember akan menyelenggarakan festival internasional Jember Kota Cerutu Indonesia pada bulan Juli 2021. Festival ini akan menjadi pemicu kebangkitan ekonomi di Kabupaten Jember.

 

“Kami menyatakan siap melaksanakan pesan dan arahan bapak Wamendag untuk menfungsikan Gudang SRG ini, dan sekali lagi kami berharap sinerginya, program apa saja kami siap menerima demi kemajuan bagi Kabupaten Jember,” pungkasnya.(ton)