Simbat Wuluhan, Destinasi Wisata Kekinian dengan Beragam Spot Instagenic

Kategori Berita

.

Simbat Wuluhan, Destinasi Wisata Kekinian dengan Beragam Spot Instagenic

Minggu, 30 Mei 2021


JIKA Anda berencana menghabiskan liburan akhir tahun ke Jember, Jawa Timur jangan lupa untuk mampir ke Wana Wisata Simbat Wuluhan. Objek wisata ini dikenal memiliki banyak spot foto instagenic dengan lanskap pemandangan alam yang elok.

Simbat merupakan singkatan dari Sukmo Ilang Manggar Babatan. Sukmo Ilang adalah nama tempat, Manggar merupakan nama dari gunung dan Babatan adalah nama dari pengelola objek wisata ini.

Objek wisata ini dibangun karena sebelumnya terdapat penambangan liar. Warga setempat kemudian berinisiatif menjadikanya objek wisata instagenic agar tempat tersebut bebas dari penambangan liar.

Tempat ini dibuka pada 2017 lalu dan selalu ramai dikunjungi wisatawan, apalagi jika memasuki akhir pekan, banyak muda mudi datang untuk berfoto dengan spot foto instagenic berlatar belakang pegunungan yang cantik.

Baca juga: Taman Bunga Gading Ledokombo, Wisata Baru Memesona di Pelosok Desa

Dengan membayar tiket masuk sebesar Rp5.000, Anda sudah bisa berburu spot foto instagramable yang tersedia, seperti rumah pohon, sangkar burung, tempat duduk lingkaran, bangku melayang, bingkai foto maupun spot instagenic lainnya.

Simbat Wuluhan

(Foto: Instagram/@tyasaza)

Tak hanya pemandangan pegunungan yang memesona, pepohonan rindang dan cuaca yang sejuk pun menjadikan tempat ini cukup favorit dikalangan wisatawan untuk healing dari kegiatan harian yang membuat penat, seraya berburu foto instagenic untuk mengisi laman sosial media.

Fasilitas yang tersdia di objek wisata ini cukup memadai, yakni ada kedai makanan, toilet, musala, tempat parkir dan tentunya berbagai spot foto.

Wana Wisata Simbat berlokasi di Dusun Krajan, Desa Tamansari, Kecamatan Wuluhan, Jember Jawa Timur. Jam operasionalnya yakni setiap hari mulai dari pukul 07.00-16.30 WIB. 

 

Saat ini traveling sudah menjadi gaya hidup banyak orang. Menyusul gaya hidup yang mulai berubah, banyak bermunculan destinasi wisata baru untuk menyedot wisatawan. Bisa dibilang, hampir semua daerah di Indonesia seakan berlomba-lomba menciptakan destinasi baru. Ada yang menawarkan banyak spot warna warni ada pula yang memberikan lokasi selfie kekinian. Sama seperti di daerah lainnya, di Jember juga ada destinasi baru yang menawarkan banyak spot selfie yang menarik hati muda mudi. Nama wisata ini adalah Simbat Wuluhan.

Asal Usul Nama Simbat

Taman Wisata Simbat, Via Instagram arti.bintang

Simbat ternyata merupakan kepanjangan dari Sukmo Ilang-Manggar-Babatan. Sukmo Ilang ini adalah nama tempat, sementara itu Manggar adalah nama pegunungannya, dan Babatan ialah orang yang mengelola lokasi tersebut. Munculnya Simbat ini sendiri lantaran adanya penambangan liar. Nah, pengelola setempat mencari cara agar tidak terjadi penambangan liar. Caranya adalah membuat wahana wisata.

Banyak Spot Kekinian

Spot Instagenik di Simbat Jember, Via Instagram wisatajember_official

Simbat berlokasi di Dusun Krajan, Desa Tamansari, kecamatan. Wuluhan, Jember, Jawa Timur. Wahan wisata ini baru dibuka pada bulan April tahun 2017 yang lalu. Meskipun bisa dibilang cukup baru, wahana wisata di Jember ini sudah berhasil memikat banyak wisatawan untuk berdatangan. Pihak pengelola terus berupaya untuk mempercantik lokasi tersebut dengan menambahkan berbagai spot kekinian.

Siapa yang mau ke sini? Via Instagram simbat_jember

Selain spot kekinian, ada pula air terjun mini, wawasan mengenai flora, ada juga wahana flying fox. Untuk fasilitasnya sendiri juga cukup baik, ada mushola, tempat parkir, dan lain-lain. Lalu untuk retribusi yang ditarik hanya untuk parkir saja. Untuk sepeda motor Rp 3.000 dan untuk kendaraan roda empat sebesar Rp 4.000.

Dikunjungi Anang dan Ashanty

Spot bunga-bunga, Via Instagram lailiwahyuramadhania

Nama Simbat ini semakin terkenal saja di kalangan warga setempat setelah pasangan artis ibu kota, Anang Hermansyah dan juga Ashanty mengunjunginya pada bulan Agustus 2017 yang lalu. Sontak saja, kala itu banyak warga setempat banyak yang datang untuk melihat pasangan artis tersebut sembari berwisata di Simbat. Tentu saja itu menjadi ajang promosi tersendiri bagi tempat wisata Simbat.

Spot selfie di Simbat, Via Instagram simbat_jember

Taman Simbat Wuluhan ini bisa menjadi destinasi tambahan yang bisa kamu tuju saat berencana traveling ke Jember ya. Yuk ikut berkontribusi memajukan dunia pariwisata Indonesia, dengan mulai mengunjungi berbagai wisata yang lokasinya dekat-dekat terlebih dahulu. Nah, jika destinasi wisata yang dekat sudah habis, barulah ke berbagai tempat yang jauh. Sepakat?

 

Salah satu aktivitas menarik yang dilakukan sebagian orang ketika melakukan kegiatan wisata di suatu destinasi adalah hunting foto dengan background yang instagramable. Jika kamu gemar mengoleksi foto-foto instagenic untuk di post di feed instagram, Wana Wisata Simbat merupakan salah satu tempat wisata yang wajib untuk kamu kunjungi.

Wana Wisata Simbat merupakan tempat wisata yang berada di pegunungan dan menyediakan berbagai macam spot foto unik seperti rumah pohon, sangkar burung, jembatan di atas awan, bangku melayang, dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Berada di salah satu kota di Jawa Timur, berikut sepuluh potret Wana Wisata Simbat yang bisa kamu tambahkan pada list kunjungan wisata kamu selanjutnya.

1. Wana Wisata Simbat berlokasi di Dusun Krajan, Desa Tamansari, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember, Jawa Timur

10 Potret Wana Wisata Simbat Jember, Destinasi Wisata Selfieinstagram.com/dolanjember

2. Simbat sendiri merupakan singkatan dari sukmo ilang manggar babatan. Sukmo adalah nama tempat, manggar adalah nama gunung, dan babatan adalah nama pengelola daya tarik wisata ini

10 Potret Wana Wisata Simbat Jember, Destinasi Wisata Selfieinstagram.com/elvia_rahardian

3. Wana wisata Simbat merupakan salah satu tempat wisata di Kota Jember yang terkenal akan spot fotonya yang instagramable

10 Potret Wana Wisata Simbat Jember, Destinasi Wisata Selfieinstagram.com/hilma28_jember

4. Spot sangkar burung dan latar belakangnya paling terkenal di lokasi ini. Unik ya!

10 Potret Wana Wisata Simbat Jember, Destinasi Wisata Selfieinstagram.com/inijember

5. Kamu juga bisa berpose di tempat duduk berbentuk melingkar ditambah aksen ranting kayu ini. Nuansanya bohemian banget!

10 Potret Wana Wisata Simbat Jember, Destinasi Wisata Selfieinstagram.com/jembersukasuka

Baca Juga: 9 Potret Memesona Agrowisata Kebun Teh Gunung Gambir Jember

6. Jembatan di atas awan ini juga unik sekaligus menantang ketika kamu berada di atasnya

10 Potret Wana Wisata Simbat Jember, Destinasi Wisata Selfieinstagram.com/dolanjember

7. Deretan bangku menghadap pegunungan dan awan terlihat menawan bukan?

10 Potret Wana Wisata Simbat Jember, Destinasi Wisata Selfieinstagram.com/dolanjember

8. Bagi kamu yang suka panorama dari arah ketinggian, rumah pohon ini cocok untuk disinggahi

10 Potret Wana Wisata Simbat Jember, Destinasi Wisata Selfieinstagram.com/dolanjember

9. Pintu masuk menuju lokasi juga didesain unik dan bisa kamu jadikan spot foto juga

10 Potret Wana Wisata Simbat Jember, Destinasi Wisata Selfieinstagram.com/fitria_levi

10. Ada camping ground juga! Bermalam di bawah tenda dengan suasana pegunungan sungguh asyik bukan?

10 Potret Wana Wisata Simbat Jember, Destinasi Wisata Selfieinstagram.com/ach_nizam

Tertarik berkunjung ke Wana Wisata Simbat? Kamu hanya perlu merogoh kocek Rp5.000 dan sudah bisa berpose dengan background unik dan instagramable tentunya!