Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Bupati Hendy Tegaskan Pola Kerja Cepat dan Sistematis Harus Menjadi Kebiasaan

Mei 19, 2021 WIB Last Updated 2022-02-18T04:23:28Z

 



Jember Kota -- Pemerintah Kabupaten Jember secara serius berupaya meningkatkan nilai Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) tahun anggaran 2021.

Hal itu tergambar dalam rapat koordinasi yang digelar Bupati Jember Hendy Siswanto dan Wakil Bupati Jember MB Firjaun Barlaman, Kamis, 20 Mei 2021, di Pendopo Wahyawibawagraha.

Sekretaris Daerah Mirfano dalam laporannya menyampaikan, rakor digelar untuk memberikan pemahaman kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) guna meningkatkan kualitas LPPD Kabupaten Jember tahun 2021.

“Dalam rangka upaya peningkatan LPPD. Seperti tahun lalu, LPPD dikerjakan oleh pejabat level II dan III melalui koordinasi dengan para staf yang membuat laporan,” terang Sekda.

Selain itu, menurut Sekda, sangat penting upaya meningkatkan sekaligus mempertahankan prestasi Pemerintah Kabupaten Jember terkait kinerja penyelenggaraan urusan pemerintahan daerah, yang beberapa tahun terakhir telah diperoleh.

Bupati Jember Hendy Siswanto dalam sambutannya menyampaikan, pola kerja cepat dan sistematis harus menjadi suatu kebiasaan, karena sesungguhnya kegiatan pemerintah ini terus berlangsung.

“LPPD sebagaimana disampaikan paling lambat tiga bulan setelah tahun anggaran berakhir. Apabila terlambat, maka akan diberikan peringatan,” ungkap Bupati Hendy.

Penyampaian LPPD kepada Kementerian Dalam Negeri melalui pemerintah provinsi merupakan kewajiban yang diamanatkan dan telah tertuang pada UUD No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah Pasal 69 dan 70, yang mengatur tentang kewajiban kepala daerah untuk menyampaikan LPPD kepada pemerintah.

Bupati Hendy menambahkan, selain sebagai salah satu instrumen evaluasi kinerja pemerintah daerah, penyusunan dan penyampaian LPPD ini juga menjadi salah satu bentuk kepatuhan pemerintah daerah untuk senantiasa berkoordinasi dengan pemerintah di atasnya.

Oleh karena itu, Bupati Hendy berpesan, jangan hanya menuntut hak, tetapi juga melaksanakan kewajiban-kewajiban. “Termasuk penyampaian LPPD ini tepat waktu, harus juga menjadi perhatian kita,” tegasnya.

Rakor peningkatan nilai LPPD itu dihadiri oleh Bupati Jember, Wakil Bupati Jember, Sekda, serta seluruh kepala OPD di lingkungan Pemkab Jember. (ton)