Iklan

--advertisement 01--
Infrastruktur DesaKabar Desa

Proyek Pembangunan Kantor Desa Tanpa Papan Nama, Desa Sumberwringin Jadi Sorotan Warga

Rabu, Februari 08, 2023 WIB
--advertisement 05--
DomaiNesia

 


Jember, Pembangunan gedung yang bersumber dari uang negara/rakyat bergentayangan tanpa papan informasi kegiatan, di Desa Sumberwringin, Kecamatan Sukowono, Kabupaten Jember, Selasa (7/2/2023).



Pasalnya, pembangunan gedung yang berlokasi di kantor Desa Sumberwringin itu tidak terpampang adanya papan informasi proyek.





Ada dugaan hal ini dilakukan untuk mengelabuhi masyarakat agar tidak termonitor besaran anggarannya. Dan anehnya lagi para pekerja di dominasi dari luar desa.


Perlu diketahui bahwa papan informasi kegiatan, yang merupakan keharusan sesuai UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Informasi publik, yang bertujuan agar pelaksanaan setiap proyek dapat berjalan dengan transparan. Asas keterbukaan atau transparansi dapat diakses atau dilihat masyarakat umum, sehingga diharapkan masyarakat dapat ikut mengawasi proses pembangunannya.


Salah satu warga Desa Sumberwringin yang namanya tak mau dipublikasikan mengatakan bahwa transparansi mengelola keuangan desa sangat dibutuhkan untuk kemajuan desa. Sebab masyarakat di desa harus tau dana bantuan dari pemerintah yang jumlahnya miliaran diperuntukkan untuk apa saja.


"Saya lihat tidak terlihat papanya, padahal pekerjaan sudah berjalan. Bangunan fisik yang bersumber dari uang negara semestinya pelaksana kegiatan anggaran pasang papan informasi," kata warga tersebut di kediamannya di Desa Sumberwringin, Senin (5/2/2023).


Menurut dia, pelaksanaan pembangunan desa harus sesuai dengan apa yang telah direncanakan dalam proses perencanaan dan masyarakat berhak untuk mengetahui dan melakukan pengawasan terhadap kegiatan pembangunan.


Lanjut H menjelaskan bahwa partisipasi masyarakat desa sebagai control sosial sangat penting dalam pengelolaan keuangan desa dan pelaksanaan pembangunan desa yang sehat.


"Penting itu mas, untuk mengantisipasi  penyelewengan dan penyalahgunaan keuangan desa," ujarnya.


Warga meminta papan informasi kegiatan segera dipasang di lokasi. Kepada pemangku kepentingan untuk memberikan sosialisasi kepada kepala desa pentingnya transparansi dalam pengelolaan anggaran. 


Dari pantauan awak media pada Senin (5/2/23) di lokasi pekerjaan tidak terlihat adanya papan informasi proyek. Dari pengamatan di lapangan, pekerjaan pembangunan dalam tahap pembesian pemasangan besi kolom.


Sementara saat dikonfirmasi kepala desa Sumberwringin Fathor Rozi tidak ada di kantornya.


"Belum datang pak kadesnya," ucap singkat salah satu staf Desa Sumberwringin lalu menghindar dari wartawan.


Lantas wartawan ini mengkonfirmasi melalui sambungan chat WhatsApp pribadi kepala Desa Sumberwringin, indikator pesan centang dua dan kemudian berwarna biru, hingga berita ini ditayangkan belum ada respon dan jawaban dari Kepala Desa Sumberwringin. (*)


Ton 








 

CLOSE ADS
CLOSE ADS
close