Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Universitas Jember Jalin Kerjasama Dengan Visayas State University Filipina

Maret 31, 2022 WIB Last Updated 2022-03-31T11:10:14Z

 



Sumbersari, jembernews.com -- Universitas Jember kembali meluaskan jaringan kerjasamanya, dan yang terbaru Rektor Universitas Jember menandatangani naskah perjanjian kerjasama (Memorandum of Undertsanding, MoU) dengan Rektor Visayas State University (VSU) Filipina. Perjanjian kerjasama ditandatangani secara virtual pada hari Selasa sore lalu (30/3). Menurut Rektor, Universitas Jember menyambut hangat jalinan kerjasama ini mengingat kedua institusi pendidikan tinggi ini memiliki banyak kesamaan, diantaranya sama-sama memiliki visi dan misi mengembangkan pertanian industrial.


“Universitas Jember dan Visayas State University memiliki banyak kesamaan, diantaranya berada di wilayah yang subur dan terkenal dengan produk pertanian dan perkebunannya, ragam jenis fakultas dan keilmuan yang dipelajari oleh kedua perguruan tingi pun hampir sama selain tentu saja visi misi di bidang pengembangan pertanian industrial. Berbagai kesamaan ini yang akan menjadi pintu gerbang kerjasama yang bakal dijalin,” jelas Iwan Taruna yang sore itu didampingi Wakil Rektor I dan II, Dekan Fakultas Pertanian dan pejabat lainnya.


Untuk diketahui, Visayas State University yang memiliki kampus utama di kota Baybay pulau Leyte ini memiliki delapan fakultas diantaranya Fakultas Pertanian, Fakultas Pendidikan, Fakultas Teknik, Fakultas Kehutanan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Keperawatan, Fakultas Kedokteran Hewan dan FMIPA. Perguruan tinggi yang bermula dari sekolah pertanian di tahun 1924 ini kini memiliki empat kampus satelit yang berlokasi di pulau-pulau yang ada di Provinsi Leyte Filipina.


“Kami menyambut gembira penandatanganan kerjasama hari ini, sebab saya percaya jika keunggulan kedua perguruan tinggi khususnya di bidang pertanian dikolaborasikan, maka akan  menghasilkan banyak inovasi. Sebagai informasi kami di VSU tengah fokus pada pengembangan pertanian yang berkelanjutan dan konservasi lingkungan, termasuk penelitian mengenai biofuel,” tutur Edgardo E. Tulis, President Visayas State University yang menyampaikan pidato balasan secara daring. Sore itu Edgardo E. Tulin yang pakar kimia pertanian didampingi segenap pejabat teras diantaranya Wakil Rektor bidang akademik, Beatriz S. Belonias dan pejabat lainnya.


Sementara itu dihubungi secara terpisah, koordinator kerjasama, Cahyo Adibowo menjelaskan, jika kerjasama antara dua perguruan tinggi sebenarnya sudah berjalan walau masih dalam taraf kerjasama antar peneliti. Hingga saat ini beberapa kerjasama penelitian yang sudah dilakukan diantaranya di bidang pertanian khususnya penelitian di bidang ilmu tanah. “Dengan penandatanganan kerjasama sore ini maka terbuka kerjasama yang lebih luas, diantaranya pertukaran pengajar, seminar dan tentunya di bidang penelitian. Dalam waktu dekat akan ada perjanjian kerjasama antara Fakultas Pertanian Universitas Jember dengan kolega dari Visayas State University,” ungkap Cahyo Adibowo yang juga dosen Fakultas Pertanian. (*)