Iklan

Menu Bawah

10 Tempat Wisata di Jember Untuk Liburan Keluarga

Senin, Mei 31, 2021 WIB

 10 Tempat Wisata di Jember yang Bisa Jadi Rekomendasi Liburan Serumu!


Pernah berwisata ke Jember belum? Nah, salah satu kota yang ada di Jawa Timur ini terkenal dengan even karnaval tahunannya yang spektakuler hingga menarik banyak wisatawan mancanegara. Ternyata tak hanya itu yang bisa Anda nikmai di Jember, karena ada beragam destinasi wisata menarik yang bakal bikin liburan jadi tambah asyik dan tentunya sayang jika dilewatkan.




Dari pada penasaran, yuk simak ulasan singkat tempat wisata di Jember berikut.

1. Wana Wisata Simbat


Wana Wisata Simbat. Image via: tripzilla.id

Suka hunting foto-foto instagramable? Jika iya, maka tempat wisata di Jember yang satu ini wajib buat masuk daalam daftar harus dikunjungi. Wana Wisata Simbat namanya, tak hanya sekedar menyuguhkan pesona alam yang memukau tetapi juga destinasi seru dengan spot-spot kece yang instagramable.

Selain narsis di spot foto kekiniannya, Anda juga bisa mencoba aktivitas seru yang ada di tempat ini seperti flying fox misalnya. Fasilitas yang cukup memadai membuat destinasi ini juga semakin disukai pengunung yang dating.

Informasi:

  • Nama: Wana Wisata Simbat
  • Alamat: Jalan Babatan, Krajan, Tamansari, Wuluhan, Kabupaten Jember – Jawa Timur
  • Jam buka: 07.00 – 17.00 WIB
  • Harga tiket: Rp 5.000,-

Simak juga: daftar tempat wisata di Bekasi


2. Pantai Tanjung Papuma



Jika jalan-jalan ke Jember jangan lupa sempatkan waktu sejenak untuk menikmati eksotisme Pantai Tanjung Papuma yang belum banyak diketahui orang ini. Keindahan pantai dengan pasir putihnya yang masih bersih, ombaknya hingga  suasana alamnya yang begitu menentramkan memberikan pengalaman yang luar biasa ketika menghabiskan waktu di sini.

Dan lagi banyak aktivitas seru yang bisa Anda lakukan untuk menghabiskan waktu di sini, dari berenang di pantai hingga diving untuk mengeksplor keindahan terumbu karangnya. Anda pun juga bisa menyewa perahu untuk menemukan spot diving yang keren.

Hal yang membuatnya tak begitu diminati hanyalah akses jalan yang belum bersahabat sehingga tak banyak yang mau bersusah payah menuju pantai cantik di pesisir kota Jember ini. Seperti tempat wisata di Jember lainnya, destinasi ini pun juga sudah dilengkapi dengan fasilitas kebersihan hingga villa yang bisa disewa jika Anda ingin menikmati malam yang syahdu disini.

Informasi:

  • Nama: Pantai Tanjung Papuma
  • Alamat: Jl. Raya Lojejer, Area Kebun, Lojejer, Wuluhan, Kabupaten Jember, Jawa Timur
  • Jam buka: 07.00 – 17.00 WIB
  • Harga tiket: Rp 7.000,- ( weekday), Rp 10.000,- (weekend)

3. Perkebunan Teh Gunung Gambir


Perkebunan Teh Gunung Gambir. Image via: @rulinurrohimah_

Menjelajahi perkebunan teh memang tak pernah membosankan, hawa sejuk pegunungan dan pemandangan pohon teh yang berderet rapi menyuguhkan pesonanya sendiri. Seperti perkebunan teh Gunung Gambir ini misalnya yang seolah tak pernah kehilangan daya tariknya.

Tak sekedar menikmati alamnya, Anda juga bisa mencoba faslitas seru yang disediakan oleh pengelolanya. Dari kolam renang, area camping ground, tempat penginapan hingga gedung pertemuan yang bisa digunakan untuk menggelar acara besar.

Tempat wisata di Jember ini pun juga memiliki spot-spot instaramable yang keren banget buat jadi background foto kekinian.

Informasi:

  • Nama: Perkebunan Teh Gunung Gambir
  • Alamat: Lanasan, Gelang, Sumber Baru, Jember – Jawa Timur
  • Jam buka: –
  • Harga tiket: Rp 10.000,-

Baca: info tempat wisata di Sumedang

4. Teluk Love


Teluk Love. Image via: adventurewisata

Ingin menikmati wisata kekinian yang hits banget di Jember? Kalau begitu jangan lewatkan untuk mampir ke Teluk Love. Disebut demikian karena teluk tersebut memiliki bentuk yang tak biasa dan jika dilihat dari kejauhan nampak seperti ikon cinta. Tak heran jika tempat wisata di Jember ini langsung diminati banyak orang yang penasaran dengan keindahannya.

Seperti kebanyakan pantai di pesisir selatan pulau Jawa, teluk ini juga memiliki ombak yang besar jadi harus ekstra waspada jika ingin menjelajahinya lebih dekat.

Informasi:          

  • Nama: Teluk Love
  • Alamat: Ambulu, Jember – Jawa Timur

5.  Puncak S89


Puncak S89. Image via: skyscrapercity.com

Kontur wilayahnya yang dilalui barisan pegunungan membuat Jember memiliki alam yang memukau. Salah satunya ialah Puncak S89 yang akan menyajikan kerennya landskap kota Jember, juga Gunung Argopuro  di lain sisi serta Gunung Raung yang mempesona dari atas ketinggian.

Meskipun jarak dan akses jalan yang menantang, tetapi dengan pesona yang ditawarkan akan membuat siapapun tak akan kecewa. Terutama buat penggemar traveling dan pemburu spot foto instagramable, tempat ini layak jadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Terutama ketika menunggu matahari tenggelam, sungguh fenomena yang tak boleh disia-siakan.

Informasi:

  • Nama: Puncak S 89
  • Alamat: Kebonsari, Tembokrejo, Gumuk MAS, Kabupaten Jember – Jawa Timur
  • Jam buka: 07.30 – 15.00 WIB

Baca juga: daftar tempat wisata di Jambi

6. Pantai Payangan


Pantai Payangan. Image via: @dechintaaaw

Tak hanya Teluk Love atau Pantai Tanjung Papuma saja pantai yang dimiliki Jember. Masih ada lagi pantai cantik yang akan membuat sesi liburan Anda makin seru dan tak terlupakan, Pantai Payangan namanya.

Tempat wisata di Jember yang satu ini menawarkan pesona alam yang bakal membuat siapapun enggan beranjak kemana-mana. Tak cuma satu, bahkan ada empat bukit cantik yang bisa Anda temukan menghiasi sekitar lokasi menambah suasana semakin memukau.

Yakni Bukit Seroyo, Bukit Samboja, Bukit Seruni dan Bukit Sarat yang tampak memukau dari kejauhan. Sungguh surga spot instagramable banget! Sayang kalau sampai tak mampir untuk menikmatinya meski sekejab saja.

Inormasi:

  • Nama: Pantai Payangan
  • Alamat: Dusun Payangan, Ds Sumberejo, Ambulu,  Jember –J awa Timur
  • Harga tiket: Rp 5.000,-

7. Taman Botani Sukorambi


Taman Botani Sukorambi. Image via: explorewisata.com

Suka dengan tempat wisata yang berkonsep eco green park? Jember juga punya, lho. Berlokasi di Sukorambi, tempat wisata di Jember ini akan mengajak Anda menjelajahi dan belajar tentang alam dengan cara yang fun  serta menyenangkan.

Mulai dari belajar teknik hidroponik langsung dengan ahlinya, mengenal satwa liar dan juga hewan ternak, lalu seru-seruan main di rumah pohon hingga bermain air di kolam pelangi.

Tentu masih banyak lagi hal yang bisa di eksplor di Taman Botani ini, misalnya spot-spot kece instagramable yang sayang kalau tak menyempatkan berselfie sebentar.  Tak heran jika menghabiskan liburan di tempat ini akan terasa sangat singkat.

Informasi:

  • Nama: Taman Botani Sukorambi
  • Alamat: Jl. Mujahir, Sukorambi, Krajan, Jember – Jawa Timur
  • Jam buka: 07.00 – 16.00 WIB
  • Harga tiket: Rp 12.000,- ( weekday), Rp 20.000,- ( weekend)

Simak: info tempat wisata di Balikpapan

8. Situs Duplang


Situs Duplang. Image via: indonesiakaya.com

Berada di lereng Gunung Argapura, tempat wisata di Jember yang satu ini menjadi bukti jika peradaban kuno pernah berkembang di Jember khususnya di Desa Kamal, Kecamatan Arjasa. Tempat tersebut dikenal dengan nama Situs Duplang. Luasnya yang tak lebih dari 10 x 10 meter ini menyimpan sejarah zaman megalithikum yang menarik untuk dipelajari dan dieksplorasi.

Di dalam situs megalithikum ini terdapat beberapa benda-benda peninggalan yang masih utuh tersimpan. Misalnya saja seperti watu kenong, lumpang batu, Menhir, dolmen dan juga peti batu yang digunakan sebagai kuburan. Menjelajahinya selain menambah wawasan juga sebagai kontribusi untuk ikut melestarikan budaya.

Informasi:

  • Nama: Situs Duplang
  • Alamat: Desa Kamal, Kecamatan Arjasa, Jember – Jawa Timur

9. Air Terjun Tancak


Air Terjun Tancak. Image via: rizarastri

Bagaikan oase di tengah belantara, Air Terjun Tancak menyuguhkan pesona alam yang memukau dan akan memanjakan setiap mata yang memandangnya. Letaknya yang berada di area pegunungan Argopuro dengan akses yang kurang mendukung membuat tempat wisata di Jember ini seolah tersembunyi dibalik kecantikannya.

Dengan ketinggian tebing hingga 82 meter serta debit air hingga 150 m3 per detik, air terjun  tampak begitu memukau. Dan lagi lintasan pendakian yang cukup aman membuat tempat ini layak dikunjunginterutama bagi pecinta traveling.

Informasi:

  • Nama: Air Terjun Tancak
  • Alamat: Area Pegunungan Argopuro, Suci, Panti, Kabupaten Jember – Jawa Timur

Baca juga: review tempat wisata di Bukittinggi

10. Museum Huruf


Koleksi Museum Huruf. Image via: binaryupdate.org

Pertama kali dibuka pertengahan 2017 yang lalu, tempat wisata di Jember ini akan mengajak Anda mengenal huruf dan aksara yang berasal dari berbagai daerah hingga mancanegara. Berbagai koleksi banyak ditampilkan di Museum Huruf ini.

Seperti koleksi huruf pra aksara, aksara tertua yang ada di Indonesia, aksara nusantara yang berasal dari Jawa, Bugis, dan banyak lagi yang lain, huruf braille, juga tak ketinggalan aksara yang ada di dunia termasuk diantaranya dari Korea, Jepang, India, Yunani dan banyak lagi.

Informasi:

  • Nama: Museum Huruf
  • Alamat: Jl. Bengawan Solo No.27, Tegal Boto Lor, Sumbersari, Kabupaten Jember – Jawa Timur
  • Jam buka: 10.00 – 18.00 WIB

Menjelajahi destinasi wisata di Jember ternyata mengasyikan bukan? Dari pesisir pantai dengan Teluk Love-nya hingga air terjun yang tersembunyi di balik rimbunnya kaki Gunung Argopuro semua akan memberikan pengalaman seru yang memanjakan, sangat sayang jika disia-siakan begitu saja. supaya liburan Anda makin seru, jangan lupa lakukan persiapan dengan matang sebelum berangkat, ya.

Komentar

Tampilkan

  • 10 Tempat Wisata di Jember Untuk Liburan Keluarga
  • 0

Terkini

Topik Populer

Advertisement